Mohon Maaf Untuk Sementara Blog Ini Belum Bisa di Update, Karena Kami Sedang Konsenterasi UNAS... TUHAN MEMBERKATI

Jumat, 02 Januari 2009

Rekan-Rekan HTML

Saat saya pertama kali belajar HTML, saya sempat berpikir apa mungkin dapat membuat web yang sangat bagus, interaktif dan menarik hanya menggunakan HTML. Akhirnya saya mendapatkan jawabannya, yaitu “tidak mungkin”. Oleh karena itu saya harus belajar tool-tool yang berhubungan dengan HTML, dan bisa digunakan untuk meningkatkan dan merawat web. Saya akan menjelaskan beberapa tool yang perlu Anda sekalian pelajari jika ingin menjadi designer web yang professional (walaupun saya bukan seorang yang profesional):
1. DHTML
Merupakan singkatan dari Dynamic HTML, merupakan sekumpulan tool yang bisa didukung oleh browser yang mengaktifkan aksi situs yang dijalankan oleh pengguna, dan DHTML mendukung item-item, seperti:
• CSS (Cascading Style Sheet), dengan menggunakan item ini, Anda bisa merancang tag-tag perintah untuk memfasilitasi pemformatan situs web dengan mudah dan lebih konsisten
• JavaScript, adalah bahasa pemograman interaktif, mirip dengan C++, dengan Javascript anda bisa membuat program kecil yang biasanya disebut dengan applet ke dalam kode HTML

2. XML
Merupakan singkatan dari eXtensible Markup Language, merupakan extensi dan superset bahasa pada HTMl dan DHTML. XML lebih baik dibandingkan dengan HTML dalam penjelasan suatu file data dan menyediakan dukungan database.

3. Kontrol ActiveX
Dengan item ini, anda dapat menambahkan objek yang bisa diprogram, tetapi item ini mempunyai kekurangan yaitu: Anda harus mengkompilasi objek/control tersebut ke setiap computer yang akan menggunakannya. Selain mempunyai kekurangan, item ini juga punya kelebihan yaitu: item ini kemampuan dalam lintas platform yang melebihi berbagai macam tool pendamping.

4. CGI
Singkatan dari Common Gateway interface, merupakan sebuah layanan scripting yang memuat kode yang ditulis dalam bahasa Web procedural seperti “perl”. Kode CGI tidak tampak dalam kode HTML dan tidak bisa dilihat oleh pengguna.

5. ASP
Singkatan dari Active Server Pages, merupakan pemograman berbasis server. ASP berjalan pada koputer server, namun hasilnya muncul pada halaman web pengguna.

Dan masih banyak lagi, semoga artikel ini dapat membantu saudara-saudara sekalian dalam pembelajarannya akan web design. TUHAN MEMBERKATI

Related Posts:



0 komentar:

SABANARI.BLOGSPOT.COM