Mohon Maaf Untuk Sementara Blog Ini Belum Bisa di Update, Karena Kami Sedang Konsenterasi UNAS... TUHAN MEMBERKATI

Rabu, 14 Januari 2009

Kok tersisa 4 Pin??


Saya baru saja membeli sebuah motherboard yang konektor powernya memiliki 24 pin. Saat itu saya bingung kenapa ya?? Kan power supply saya, masih cuma mengeluarkan produk yang 20 pin, sehingga masih ada 4 ruang kosong yang tersisa. Karena itu saya coba saja menancapkan konektor 20 pin saya ke motherboard yang seharusnya tu harus dimasukkan konektor 24 pin. Apakah cara ini aman???

Jawabannya adalah tergantung dari spesifikasi processor dan kartu grafis yang Anda gunakan. Perbedaan mendasar dari power supply (PS) 20 pin dan 24 pin adalah jumlah rail atau jalur 12 volt. Jika 20 pin Cuma punya satu jalur, maka 24 pin ada dua jalur 12V. Hal ini penting, karena kartu grafis PCI Express banyak meminta daya dari jalur 12 volt.
Sebagai gambaran, slot grafis PCLe bisa menarik 72 watt daya. PCIe bisa menarik 72 watt daya. Jika diasumsikan semua daya diambil dari jalur 12V, maka dibutuhkan daya listrik sekitar 6 ampere (ingat rumus voltase x arus = daya). Kartu grafis high-end seperti GeForce 6800 Ultra bahkan menyedot lebih besar lagi, yaitu sekitar 110 watt atau 9,2 ampere.
Nah, yang perlu Anda ketahui adalah berapa kuat arus di jalur 12V PSU Anda. Beberapa PSU 20 pin memiliki kuat arus sampe 24 ampere, tetapi mayoritas berkisar di angka 12 – 15 ampere. Artinya PSU tersebut bisa menyuplai daya untuk kartu grafis PCIe kelas menengah ke bawah, tetapi tidak kuat untuk kelas High End. Pada kondisi inilah Anda membutuhkan PSU 24 pin yang bisa mengalirkan total 30 – 35 ampere dari dua jalur 12 voltnya. Sebagai pegangan sederhana, system dengan prosesscor Intel Pentium 4 3Ghz / AMD Athlon64 3000+ ke atas dan kartu grafis 6600GT ke atas sebaiknya menggunakan PS 24 pin.
Sehingga saya bisa menarik kesimpulan kalau PSU 20 pin bisa saja dipasang ke motherboard 24 pin. Yang terpenting adalah daya dan kuat arusnya bisa memenuhi kebutuhan semua system di dalamnya.
TUHAN MEMBERKATI

Related Posts:



0 komentar:

SABANARI.BLOGSPOT.COM